Breaking News

Diprotes, Lana Del Rey Tetap Akan Tampil di Israel

Diprotes, Lana Del Rey Tetap Akan Tampil di IsraelLana Del Rey Foto: Getty Images
ShioMonyet Lana Del Rey kembali menuai protes atas keputusannya untuk tampil di Meteor Festival yang berlangsung di Tel Aviv, Israel. Meski mengaku penampilannya bukan bagian dari keberpihakan politiknya, ia tetap menuai berbagai kecaman.

Salah satunya datang dari personel Pink Floyd, Roger Waters. Selama ini Waters memang dikenal sebagai musisi yang pro terhadap Palestina. 

Kepada Lana Del Rey, Roger Waters menuliskan surat terbuka di akun Facebooknya. Ia menuliskan, "Untuk menghormatinya, apa yang saya dan lainnya lakukan, adalah aksi politis untuk mendukung orang-orang Palestina dalam memperjuangkan hak asasi mendasar." 


"Seperti yang dikatakan oleh penerima Nobel persamaian Laureate Desmond Tutu, 'Jika kamu memilih netral dalam situasi yang tak adil, artinya kamu berpihak pada penindas'." 



"Aku tidak ragu bila promotor di Israel membayar mahal, mereka terkenal demikian, tapi apakah harga itu pantas untuk membuatmu melewati Damascus dan mengabaikan saudara-saudari kita di Palestina yang berjuang untuk takdirnya waktu demi waktu?" tulis Waters lagi. 

Menjawab surat terbuka Roger Waters, Lana Del Rey tampak tak gentar dan mengurungkan niatnya. Ia malah menjawabnya dengan membuat pernyataan terbuka di akun Twitter-nya. 

"Pandanganku pada demokrasi dan penindasan sejalan dengan pemikiran yang sangat liberal. Kami akan tetap bermain di Israel. Itu yang telah kami katakan, aku mengerti apa yang dikhawatirkan oleh orang-orang yang mendukung Palestina juga," tulisnya. 

"Aku ingin kalian tahu ketika aku berada di Israel, aku juga akan mengunjung Palestina dan bertemu anak-anak dari Palestina dan Israel dan bermain musik untuk semuanya. Aku ingin perdamaian atas keduanya," sambungnya. 
Di akhir catatannya, Lana Del Rey turut memberikan catatan untuk Roger Waters. "Juga untuk Roger Waters, aku membaca tulisanmu tentang mengambil aksi ketika kamu netral, aku sangat mengerti apa yang kamu katakan dan ini adalah aksiku," tutupnya. 

Meteor Festival akan digelar pada 6 hingga 8 September 2018. 

Sebelum Lana Del Rey, ada sejumlah artis yang telah menyatakan mundur untuk tampil di Islael. Di antaranya adalah Lorde dan Megadeth. 
(srs/dar)

Tidak ada komentar