Breaking News

Adu Jotos Sopir-Penumpang Picu Jatuhnya Bus ke Sungai China


SHIOMONYET - Beijing - Kecelakaan mematikan di Chongqing, China yang membuat sebuah bus penumpang jatuh dari jembatan setinggi 60 meter ternyata dipicu adu jotos antara sopir dan seorang penumpang wanita. Perkelahian terjadi setelah sopir melewatkan titik pemberhentian penumpang wanita itu.

Seperti dilansir CNN dan Channel News Asia, Jumat (2/11/2018), sedikitnya 15 orang yang ada di dalam bus itu, termasuk sang sopir, dipastikan tewas dalam kecelakaan ini. Namun baru 13 jenazah korban yang ditemukan petugas penyelamat sejak kecelakaan terjadi pada Minggu (28/10) lalu. Dua jenazah lainnya masih dalam pencarian yang melibatkan tim penyelam.

Setelah terjun dari jembatan setinggi 60 meter, bus penumpang itu masuk ke dalam Sungai Yangtze yang ada di distrik Wanzhou yang diketahui memiliki kedalaman lebih dari 70 meter. Lebih dari 70 kapal penyelamat dikerahkan untuk melakukan pencarian. Bangkai bus berhasil dievakuasi keluar dari sungai pada Rabu (31/10) malam waktu setempat, dengan menggunakan crane terapung.

Laporan awal menyebut bus itu terlebih dulu bertabrakan dengan sebuah mobil yang melawan arus, kemudian oleng dan menghantam pembatas hingga akhirnya terjun ke sungai di bawahnya. Namun temuan rekaman video dari kotak hitam bus itu menunjukkan adanya perkelahian kecil antara seorang penumpang wanita dengan sopir bus sesaat sebelum kecelakaan terjadi. Rekaman video itu diambil oleh CCTV yang ada di dalam bus.




Kepolisian setempat menemukan penyebab kecelakaan setelah menganalisis rekaman video di dalam bus juga rekaman CCTV di sepanjang rute yang ditempuh bus, kemudian mendengarkan keterangan sejumlah saksi mata serta memeriksa rekaman kamera dasbor kendaraan lain.

Cuplikan rekaman video di dalam bus itu dirilis kepolisian setempat. Terlihat dalam cuplikan itu bahwa seorang penumpang wanita berteriak ke sopir bus yang sedang fokus mengemudi. Adegan selanjutnya adalah wanita itu tiba-tiba memukul sang sopir bus.

Dituturkan Kepolisian Wanzhou dalam pernyataannya bahwa perkelahian pecah setelah penumpang wanita itu melewatkan titik pemberhentian dan meminta sang sopir untuk segera menepi. Sang sopir menolak dan penumpang wanita itu memukul kepala sopir dengan telepon genggamnya.

Sang sopir membalas dengan tangan kanannya dan adu jotos di antara keduanya pun tak terhindarkan. Saat penumpang wanita itu kembali memukul sopir, setir bus tiba-tiba oleng ke arah kiri. Sang sopir kehilangan kendali dan bus itu menghantam arus lalu lintas kemudian menabrak pembatas jembatan. Suara teriakan bisa terdengar di dalam rekaman video yang tiba-tiba berhenti tersebut.

Rekaman video itu mengakhiri misteri yang menyelimuti kecelakaan maut yang menarik perhatian publik China ini. Disebutkan otoritas setempat bahwa sang sopir tidak mematuhi prosedur keselamatan yang tepat, namun mengesampingkan adanya anomali pada kondisi mentalnya dan menyatakan tidak ada masalah mesin pada bus tersebut.

Otoritas setempat dalam penyataannya menyimpulkan bahwa sang sopir bus yang berusia 42 tahun dan penumpang wanita yang berusia 48 tahun itu sama-sama melanggar aturan hukum karena membahayakan keselamatan publik.

1 komentar: