Breaking News

10 Alasan Sebuah Mobil Dianggap Modern



Jakarta - Mobil sudah hadir di dunia lebih dari 100 tahun. Dari masa ke masa wujudnya berubah, begitu pula dengan teknologinya. Misalkan saja teknologi fuel injection, nirsopir, dan lain-lain. Namun, dilansir popularmechanics, 10 inovasi ini yang membedakan mobil modern dengan mobil zaman dulu:

1. Fender Tertutup
Bayangkan saja jika mobil Anda masih mengadopsi desain fender terbuka seperti di film zaman dulu. Tentu desainnya tak akan secantik sekarang. Inovasi ini diawali oleh pengenalan 202 di 1946 oleh perusahaan Cisitalia asal Italia. 



Dengan fender tertutup, maka sisi aerodinamis pada mobil membaik, suara jalanan teredam, dan getaran pun berkurang.

2. Kelistrikan

Mobil pertama yang mengadopsi kelistrikan adalah Lancia Theta lansiran 1913. Kelistrikan yang diadopsi adalah elektrik starter dan lampu. Sejak itu, semua berkembang dengan pesat. Fuel injection yang dikembangkan oleh Bosch diperkenalkan awal 1960-an. Electronic control unit dan sensor dapat memantau performa mesin dan diatur secara langsung, sehingga efisiensi mesin membaik. 

3. Mesin Depan Penggerak Roda Depan

Konfigurasi mesin depan dengan penggerak roda depan menjadi konfigurasi yang umum digunakan. Awalnya insinyur Citroën, Saab, dan DKW menyadari dengan menempatkan mesin dan transmisi di depan dengan penggerak roda depan dapat mengoptimalkan kabin dan meningkatkan traksi.

4. Crumple Zones


Crumple Zone

Crumple zones merupakan fitur keselamatan yang tak terlihat pada mobil. Keberadaan crumple zones dimulai tahun 1950-an, saat mobil rigid saja dianggap kurang memadai. Dengan adanya crumple zones, rangka sanggup menyerap energi tabrakan dan menjauhkannya dari penumpang.
5. Baja Berkekuatan Tinggi
Fitur keselamatan tak ada artinya tanpa kehadiran baja berkekuatan tinggi. Semakin canggihnya metalurgi membuat pabrikan dapat membuat rangka dengan beragam kelebihan, seperti mudah dibentuk, tahan karat, dan berbobot lebih ringan.

6. Teknologi Hybrid dan Electric
Mungkin Anda menyangka teknologi hybrid baru beredar belakangan ini. Ternyata, mobil hybrid sudah ada sejak tahun 1901 dengan kehadiran Löhner-Porsche yang menggunakan generator bensin untuk menyuplai 2 motor elektrik.

7. Navigasi GPS

Delvira/Liputan6.com

Navigasi GPS pada mobil pertama kali diperkenalkan tahun 1990. Kini teknologi tersebut menjadi standar fitur pada smartphone. Beberapa pabrikan mobil kini menawarkan 

sistem infotainmentyang dapat terhubung dengan smartphone dan menampilkan sistem navigasi.

8. Adaptive Cruise Control

Sistem pendukung berkendara berbasis radar pertama kali diperkenalkan tahun 1992. Sejak itu, sistem serupa semakin berkembang dan mudah digunakan. 

Kini teknologi adaptive cruise control secara otomatis akan mengurangi kecepatan saat kendaraan di depan menurunkan kecepatan. Sebaliknya, jika kecepatan di depan meningkatkan kecepatan, maka mobil kita akan semakin cepat juga. Tentu dengan batas kecepatan yang sudah ditentukan. Beberapa sistem bahkan bisa melewati kondisi lalu lintas stop and go.

9. Transmisi Otomatis Semakin Membaik

Transmisi matik awalnya dikenal sebagai transmisi yang menyebalkan. Boros, lambat, tidak responsif, menjadi masalah pada transmisi matik pertama kali diperkenalkan. 

Kini hal tersebut tak lagi berlaku. Misalkan transmisi dual-clutch yang diadopsi dari mobil balap era 90-an membuat transmisi otomatis lebih cepat dan menyenangkan. Transmisi otomatis lainnya yang menyenangkan adalah continuously variable transmissions yang memberikan rasio gear melimpah dan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

10. Active Aerodynamics

Pada masa keemasan motorsport di tahun 60-an, tim balap mobil mengenal dunia aerodinamis. Jim Hall dari Chaparral Racing menjadi yang pertama menggunakan sayap yang bisa diatur, downforce-generating bodywork, dan kipas yang meningkatkan downforce. Kini, banyak mobil yang mengadopsi active aerodynamic untuk meningkatkan downforce.



Tidak ada komentar