Breaking News

Empat Ruko Diterjang Longsor dan Sekolah Kebanjiran di Solok

image_title
Shiomonyet.com – Empat petak ruko di Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, rusak parah akibat dihantam longsor, Rabu, 5 Desember 2018. Belasan rumah warga, tempat ibadah, dan gedung sekolah di Nagari Perbatungan Kecamatan Kubung, kebanjiran.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat masih membersihkan sisa material longsor dan mendata dampak bencana itu. Sejumlah bantuan logistik berupa nasi kemasan bungkus, terpal, dan masyarakat, juga sudah diserahkan kepada warga terdampak.

"Ada empat petak ruko warga di Nagari Talang yang mengalami kerusakan berat," kata Kepala BPBD Sumatera Barat, Erman Rahman.
Mengingat curah hujan di wilayah Sumatera Barat hingga Januari 2019 masih cukup tinggi, BPBD mengimbau masyarakat yang tinggal di zona rawan bencana banjir dan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan.
"Berdasarkan hasil koordinasi dengan BMKG, hujan dengan intensitas tinggi berlangsung hingga Januari mendatang. Kita juga sudah arahkan seluruh kepala pelaksana BPBD di daerah untuk segera evakuasi warga, jika memang mereka terancam," ujar Erman.
LIHAT JUGA
Banyaknya bencana alam yang terjadi sepanjang tahun ini mengakibatkan logistik BPBD Sumbar menipis. Namun BPBD sudah berkoordinasi dengan bidang logistik di BNPB agar segera mengirimkan tambahan logistik baru untuk Sumbar.
Empat Ruko di Solok Diterjang Longsor
"Logistik kita menipis. Kita sudah minta ke BNPB untuk menambah, memberikan perhatian lebih, ke Sumatera Barat. Karena daerah kita ini merupakan supemarketnya bencana. Februari, kalau tidak ada halangan, logistik tambahan datang. Yang jelas, untuk bencana yang terjadi di Kabupaten Solok hari ini sudah ditangani dengan baik," ujar Erman.
Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG Minangkabau, siang hingga sore, dalam kondisi berawan, potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Sumatera Barat. Pada malam berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Lima Puluh Kota, Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Dharmasraya, dan Sijunjung. (umi)

Tidak ada komentar